Akasia 2008

100_3508Sabtu itu, kami disuruh kumpul di Fakultas Pertanian jam 6 pagi, tapi berhubung aku bangun kesiangan, baru dianter kakak pukul 6 dari humz, dan alhasil nyampe kampuz jam 6.30. Tapi ternyata, di sana masih nunggu agak lama. Barulah beberapa menit kemudian, aku dan teman2 yang ada di depan Argobudoyo langsung disuruh masuk panitia, suruh kumpul di depan gedung B.

Sampai di depan gedung B, langsung disuruh baris, lalu dimulailah acara pembukaan Akasia 2008. Setelah mendengarkan sambutan2, kami masuk ke bis yang telah dibagi menjadi 2 dan berdasarkan kelompok Akre (Ajang kreativitas). Karena kelompok AkreQ kelompok Nitrogen yang pertama urutannya, makanya langsung aja naik ke bis A.

Dari sepanjang perjalanan yang lumayan melelahkan, aku cuma duduk aja tanpa melakukan aktivitas apapun. Bis berhenti di CV. MGA (Multi Global Agrindo) yang merupakan perusahaan yang memproduksi benih. Di sana kegiatannya cuma mendengarkan penjelasan dari Pak Mulyono selaku direktur utama. Huuuuw, tapi aku salut dan kagum pada beliau. Karena beliau dengan gigih dan gagah telah berusaha melakukan yang terbaik untuk memajukan pertanian Indonesia. Bayangkan saja, selama 10 tahun, beliau melakukan research untuk mendapatkan benih dengan kualitas terbaik. Dan dalam jangka waktu itu pula beliau tidak mendapatkan income sama sekali. Bahkan selalu mengeluarkan biaya untuk modal research. Dalam setahun, beliau bisa mengeluarkan biaya kira-kira 700 juta! Gila!! Tapi kegigihan pak Mulyono akhirna terbalas juga. Setelah tahun ke-13, beliau baru bisa merasakan hasil jerih payahnya. Karena bibit yang beliau dapatkan, telah mendapat penghargaan dari mana2. Huuuuw…

Pada pukul 11, kami bertolak dari MGA untuk menuju ke penginapan di Tawangmangu. Pukul 11.30 kami sampai. Auuuh, indahnyo… Villanya nyaman booo’.. Langsung aja kami masuk ke dalam karena kamar juga sudah dibagi berdasarkan kelompok outbond. Nyante2, acara selanjutnya adalah istirahat dan sholat sampe pukul 12.30. Setelah itu, kami langsung dikumpulkan di aula untuk diskusi panel sampai pukul 3. Habis ntu, sholat lagi sampai pukul 3.30 lalu dilanjutkan materi dari pak Sukatno, pengusaha salak lawu dan sate landak.

Pukul 5 selesai materi, kami diberi waktu sampai pukul 7.30 untuk ishoma. Seharusnya waktu itu digunakan untuk mandi. Tapi berhubung antri mandi udah banyak banget, dan waktu sholat maghrib udah hampir habis, aku memutuskan nggak mandi. Mana sempet??? Setelah sholat dan maem, ke aula lagi buat ndengerin presentasi dari Himpunan Mahasiswa. Busyet dah, ngantux berat tu aku, dah mo merem2 gitu, mana udara dingin banget. Brrrr….

Setelah selesai ndengerin presentasi dari Himpunan Mahasiswa, jam 9 kami disuruh kumpul ke tengah lapangan buat pertunjukan akre. Namu kelompok yang maju tidak diurutkan. Kelompokq dapet tugas video klip. Namun, kami belum persiapan sama sekali. Bingung juga mo nampilin apa. Akhirnya aku puny ide nampilin video klipnya Project Pop yg Bukan Superstar. Dan yg laen pun setuju. Namun Hikz, pada malu2 gitu, ancur deh…

Setelah semua kelompok udah tampil, kami langsung disuruh ke kamar masing2 buat bu2, namun tau2, ada suara bentakan yg mengharuskan kami buat kumpul lagi. Busyeeeet, aku udah bener2 ngantux waktu itu. Kakak2 senior yg merasa dilecehkan langsung ngebentak2 (gx tau tu akting ato beneran). Aku gx dengerin mereka ngoceh. Truz akhirnya, berkat saran dari seseorang, akhirnya kami diperbolehkan kembali ke kamar buat istirahat karena esok hari ada outbond.

Akhirnya, jam 11.30 kami masuk penginapan. Tapi berhubung tempat tidur di kamar kurang, aku tidur di ruang santai depan TV, berjajar dengan teman yg laen, kaya ikan dijemur, haha… Namun Alhamdulillah, bu2q nyenyak sampai jam3 dibangunin buat renungan. Kami dibangunin, disuruh ke mushola, dalam keadaan ngantux2. Sekalian aku wudhu sambil nunggu waktu sholat shubuh.

Pas renungan, lampu mushola sengaja dimatiin, dan gx tau sapa yg ngomong, yg pasti banyak peserta yg nangis karena terharu. Namun entah kenapa, aku gx paham2 juga apa yg dikatakan panitia. Ngantux berat chuuuuy!! Renungan berakhir ketika adzan shubuh berkumandang.

Seusai sholat, aku gx berniat bu2. Namun antre pakpung. Maklum, semalam belum pakpung, he28x.. Antre dari jam 4.30, baru dapet giliran jam 5.30. Pakpung kilat, gebyur, sabunan, gebyur, pake baju. Habis mandi, suasana sepi. Tak taunya, udah pada ke lapangan buat senam. Seusai ikut senam, langsung disuruh sarapan dan istirahat sampai pukul 7.30.

Kelompok outbondq bingunx cuz yel2 belom dibuat. Akhirnya, aku dan 2 orang temanq rapat kecil buat bikin yel2. Kami pake irama lagunya jablay lho, he28x… Yel2 selesai dibuat, kami persiapan. Setelah siap semua, barulah kami kumpul di lapangan buat persiapan berangkat outbond. Setelah mendengar penjelasan singkat dari panitia, tiap kelompok adu yel2 buat nentuin kelompok mana yg berangkat paling awal. Dan ternyata yg terpilih adalah kelompokq, kelompok pear dgn alesan yel2 terheboh. Uhuuuy… Cuz kami cwe, kami lewat jalur 2, rutenya adl pos 4-3-2-1-5. Di tiap pos, kami wajib menyampaikan password dan yel2. Kami berangkat.

Di pos 4, lokasi di sungai dengan rute yang turun terjal. Permainannya adalah tebak gambar. Jadi ada seorang yg memimpin dan mengarahkan anak buahnya untuk menggambar sebuah bangun. Kelompokq dapet jatah gambar masjid. Hasilnya, mau tau?? Ancur! Hahaha…

Kami berangkat lagi ke pos 3. Naik lagi, terjal. Lalu turun lagi, terjal pula. Bahkan kali ini nyebrang sungai. Permainannya adalah si buta dan si buntung. Jadi ada seorang yg memimpin dan mengarahkan anak buahnya yg buta dan terpencar ke segala arah untuk kembali berkumpul lagi. Anggota kelompokq adalah 9 orang, masih kurang 2 orang yg belum terkumpul. Haha, ancur lagi.

Setelah selesai, naik lagi buat ke pos 2. Kali ini, naiknya bener2 muter, jauh, dan bukan main terjalnya. Sampai di atas, kami langsung istirahat dulu di pos bayangan. Setelah dirasa cukup istirahat, kami minta ijin panitia buat melanjutkan perjalanan. Masnya ngomong gini: “Dek, ntar lurus aja, mentog, tyus belok kiri, lewat kuburan. Jangan lewat kanan, ada anjing galak!”. Kami nurut kata masnya. Begitu melihat mbaknya yg ada di pos bayangan lagi, kami bingung buat turun. Lalu setelah turun, kami ditanyai: “Lho dek, kenapa lewat kuburan? Kan lewat atas bisa?” Elhoh, piye to kik, panitia gx kompak. Akhirnya setelah dijelaskan bahwa ini perintah dari masnya, kami melanjutkan perjalanan lagi ke pos 2. Mbaknya pesen: “Dek ntar jalan lurus aja, trus kalo ada pertigaan, ambil kiri ya? Jangan lurus!” Kami nurut lagi. Akhirnya kami melihat pos 2 ada di atas. Huahh, lega. Senangnya hatiq…

Kami disambut masnya yg kebingungan. “Lho adek ini lewat jalur berapa?” “Jalur 2!” Jawab kami kompak. “Kalo jalur 2 tu harusnya gx lewat situ, tapi lewat atas… Ayo, kalian naik lagi ke atas lalu turun lagi ke bawah!” “Haaaaaa???!!!” Kami seolah tak percaya. “Ayo, daripada kalian tak suruh muter?” Uuuuuugh, nyebelin! Padahal udah dijelasin kalo itu adalah perintah dari mbaknya, tapi tetep aja kami dapet hukuman naik turun lagi!

Permainan di pos 2 adalah kekompakan. Jadi satu kelompok itu dibagi lagi jadi 2 kelompok kecil, lalu masing masing orang diiket kakinya secara berantai dan melingkar lalu disuruh jalan. Cobaan berhasil kami lewati dengan baik.

Tibalah saatnya melanjutkan perjalanan. Kami turun lagi, lalu… “Klethek!” aku keslio dan terjatuh! Astaga… Sakid banget chuy! Hampir aku gx bisa jalan. Kakiq bengkak gedhe banget. Temen2q dari kelompok laen yg tau aq jatoh langsung teriak2, “Chibby gpp chib???” Aq hanya bisa meringis menahan sakit. Setelah dioles balsem dikit, aku mulai bisa berdiri, namun masih gemetar. Mbaknya bilang, “Dek, kalo gx kuat di sini aja dulu. Ntar balik ke penginapan bareng panitia.” Tapi aku merasa masih kuat dan perjalanan ke pos 1 dilanjutkan kembali.

Jalan ke pos 1 turun terjal karena di sungai lagi. Tadinya aku gx ikut turun cuz takut ngrepotin teman, tapi, dgn berbagai pertimbangan, akhirnya aku ikut turun dengan dibantu temen. Sampia di pos 1, kami langsung diberi tugas maen aer, jadi lempar2an aer. Berhubung kakiq cakit, aku disuruh masnya buat masukin aer yg udah berhasil aku tangkap ke dalam botol. Tugas terselesaikan dgn baik. Kami melanjutkan perjalanan ke pos 5.

Naek lagi. Masnya yg tau aku kesulitan naek langsung bilang sama aku, “Dek, ayo pegangan jaketq, tak anter sampe pos 5” Ya udah berkat bantuan masnya, aku sampe atas dgn selamat dan menuju pos 5.

Di pos 5, pos yg terakir, ada di gazebo villa. Permainannya dalah ranjau pengorbanan. Jadi kita kaya maen catur gitu. Tugas telah diselesaikan dan berakhirlah outbond. Karena kelompokq yg pertama berangkat, sampenya pun pertama. Habis itu, kami nggak boleh masuk ke villa, jadi kami terlantar di lapangan. Dengan sedikit terpaksa pun, kami sholat dgn kondisi yg nggak meyakinkan. Hufh…

Namun, setelah beberapa kelompok dateng, kami mulai dapet jatah makan. Jadilah kami makan bareng di bawah pohon sambil bercanda dan bercerita kejadian pas outbond. Sesudah semua kelompok dateng ke lokasi, istirahat dulu sekitar 30 menit, memberi waktu kelompok terakhir yang dateng buat sholat dan makan. Barulah sekitar pukul 2, kami dikumpulkan, disuruh baris per kelompok, dan dimulailah akting yg menyebalkan untuk menguji kekompakan kami. Acara ini ditutup dengan basah-basahan. Sial, gara2 kakiq cakit, aku nggak bisa lari, aku basah kuyup deh…

Setelah itu, acaranya open forum, saling memberi masukan. Barulah siap2 untuk meninggalkan penginapan. Tapi sebelum dipulangkan, kami disuruh kumpul lagi untuk penyematan penghargaan. Uhuuuuy, berkat goyang jablay, kelompokq dapet penghargaan kelompok terheboh!!

Barulah sekitar pukul 4, kami meninggalkan Tawangmangu dan menuju ke peradaban. Sampe di kampus lagi, pukul 5 sore. Ahhh, puasss, tapi capex… Pengalaman weekend yg menyenangkan, melelahkan dan menyakitkan…

Categories: Uncategorized | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Akasia 2008

  1. sukopramono

    panjang bgt, ra sempet sg moco nduk,, ;p

  2. iblis not dead

    apixxx-apixxx alur critanya menyenangkan, lok bsa tiap u kegiatan u tlis di blog niiii… ok …. bravo

  3. reny

    @ iblis not dead

    Tingkyu yap! OK, dippertimbangkan sarannya… ^^

  4. Terimakasih atas kunjungan di CV.MGA Karangpandan Karanganyar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: