Sepenggal Kisah Magang di Kepurun

Kepurun dan Magang.. dua kata yang sangat berarti buatku.. di mana berkat dua kata itu aku belajar arti persahabatan, profesionalitas, pengalaman, kebersamaan, dan kemesraan dalam setiap penyebutan dua kata itu. sebuah proses menuju sebuah pendewasaan, dan sebuah cerita mengenai persahabatan. Sekali lagi hanya ada di Magang Kepurun. Cerita yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, selama satu bulan, dan melibatkan berbagai pihak terkait.

Beberapa orang terkait ini antara lain:

1. Magangers UNS (Reni “Ipin”, Anggun “Nenek”, Puri “Purce”, Agus “Jin”, Aksar “Kesasar”, Tisya “Upin”, Ocha “Ka Ros”, Resty “Reres”, Dika “Diko”, Akhlis “Oom Bos”)

2. Magangers APTA (Ayuk, Dwi, Riska, Kezy, “Mbak Lulu” *lupa nama aslinya :p*)

3. Magangers UGM (Istika, Ditta, Risma, Rico “Kriwil”, Bagus “Cowo Ftv”, Rizky “Ucil”)

4. Penghuni Rumah Kepurun “RK” (Benny “Beben”, Simbah, Mbak Rum, Faisal, Budhe, Pakdhe, Mas Chandra, Mbak Dewi)

5. Orang KPI (Pak Jati, Pak Budi, Pak Aris, Pak Suhun, Mas Har “Bakso”, Mas Dwi “Bakso”, Pak Marno “Bakso”, Pak + Bu Wid “Keripik”, Mas Yudi “Lele”, Mas Andi “Lele” Mas Zul “Lele”, Pak Supri “Lele”, Mas Wid “Sapi”, Mas Sri “Selada”, Mas Tri “Bebek”)

6. KKN UNY (Chuyan, Lambang, Dani, Rio, Iqbal, Mbak Antin, Mbak Siti, Mbak Titi, Tian)

7. Warga Kepurun yang tidak dapat dituliskan di sini satu per satu..🙂

Geng Magang UNS

Aksar, Agus, Tisya, Anggun, Ocha, Reni, Puri, Resty, Akhlis, Nandika

Berikut ringkasan kegiatan magang-ku selama sebulan yang dimulai dari tanggal 4 Juli 2011 – 4 Agustus 2011:

4 Juli: hari pertama magang, hanya diklat sehari dan masih dalam kondisi semangat full untuk magang.

5 Juli: hari pertama kerja, kebagian di peternakan. Kerjaannya yaitu ngasih makan bebek (dikejar-kejar bebek anarkis), ambil telur bebek (berasa mencari harta karun =D), bikin telur asin (berani kotor itu baik :p), ngebersihin kandang sapi (gilaa ngangkutin tokai sapi meeennn. Berat gilaa, sampe hampir keguling di tumpukan tokai basah =O), ngasih susu ke sapi (sapi kecil *pedhet* yang lumayan anarkis juga), panen ke tambak lele (gilaaa sensasi digelitikin ikan lele di kaki sampe sekarang masih bikin merinding geli kalo dibayangin :p), sortir ikan lele (rasanya licin-licin gimanaaa gitu di tangan :p).

Tangkap Lele

6 Juli: kegiatan sama aja, cuma monoton gitu doang.

7 Juli: kegiatannya sih samaa, cuma bedanya hari ini aku kepleset dan kecebur di kolam lele dan alhasil sukses membuat seisi tambak ketawa ngakak plus bajuku yang kotor tak karuan.. maluuu… T_T

basah + kotor

Setelah KECEMPLUNG !!!!

8 Juli: kegiatan yang sama sukses membuatku agak dilanda kebosanan dan mulai merasa pengen cepet pulang.

9 Juli: muncak ke Merapi men pagi-pagi buta.. gila! Yang ikut geng magang UNS lengkap, tambah Mas Har sama Beben. Bisa ngebayangin ga sih loo?? Berangkat dari “RK” jam 5 pagi dengan posisi kedinginan parah. Tapi, pemandangan keren abis, kanan kiri cuma pasir plus lahan gersang.. dan kali ini beneran berasa deket banget sama puncak merapi. Iseng-iseng nyoba cuci muka pake mata air pertama dari gunung lagii (katanya sih bisa bikin awet muda gituu :p)

Geng UNS + Beben

Merapi di pagi hari

Mata Air Pertama

10 Juli: di rumah saja, menikmati suasana rumah seharian🙂

11 Juli: Rolling ke pertanian, ketemu Ayuk sama Dwi. Ketambahan keluarga baru di rumah Kepurun: anak-anak magang UGM (terutama yang cowok, karena yang cewek nginep di mess KPI)

12 – 15 Juli: merasakan capeknya kerja di pertanian. Kerjaannya tuh nyangkul lahan, nanem selada, panen selada, tomat, nyiram taneman, sortir selada, dan kegiatan berpanas-panas lainnya. Ga betahhh😦, mendingan di peternakan.

siram.siram.siram seladanya

nanem selada

panen selada

16 Juli: muncak lagi ke Merapi, tapi bedanya yang ini sore hari men.. niatnya sih liat sunset tapi ketutup kabut😦. Sama Mas Har, Mas Yudi, Mas Sri. Sepulang dari Merapi, lanjut ke Jogja.. nyari makan di sekitar UII, lanjut Malioboro (nongkrong-nongkrong), lanjut ke alun-alun kidul (maen odong-odong sampe sukses bikin ribut jalanan, maen seanarkis-anarkisnya sampe rusak tuh odong-odong kayanya. Hahaha… terus nyobain ngelewatin pohon beringin kembar tapi dari kami ga ada yang berhasil.. payahh!!)

Kampung Wisata Kaliadem

Merapi Berkabut

Malioboro🙂

Odong-odong Alkid Jogja

17 Juli: cuma glundang-glundung aja di “RK” (nonton tipi-tidur-makan-tidur-nonton tipi-untung ga lupa mandi :p)

18 Juli: rolling lagi ke pengolahan hasil. Ketambahan personel dari anak-anak UGM (Ditta + Istika)

19 Juli: kegiatannya yahh cuma bikin bakso, bikin nugget, bikin keripik, nyomot bakso, nyomot keripik.. hahaha, kopen!!😀

20 Juli: siangnya sihh biasa ajaa. Tapi malemnya diajakin keluar sama temen (Anak KKN UII di Kulon Progo). Rutenya: Malioboro – Nasi Goreng di Mandala Kridha – makan duren di depan gerbang UNY. Pulang malem, sampe “RK” jam 11 malem.

21 Juli: sehabis jam kerja diajakin Mas Har ke Parangtritis – Depok. Menempuh perjalanan yang sangat jauh, motoran. Gilanya, aku diajakin balapan! Tidakkk!! Mas Har gila!!!! Pemimpin rombongan paling gila!!!! Mas, ni aku boncengin anak orang pake motor orang, Mas Har!!!! Ngebut 100 km/jam, hampir nabrak bis, senam jantung, dzikiran sepanjang jalan, helm hampir terbang, stang goyang-goyang, muka pucat.. kalo difoto tuh udah ancur kali mukaku =D. yahh, meskipun aku udah punya pengalaman kebut-kebutan di jalan raya, tapi yang ini aku bawa anak orang menn, tekanan batin!! Puas maen air di Parangtritis, lanjut ke pantai Depok buat makan-makan.. ada geng magang UNS + Mas Har, Mas Dwi, Mas Yudi, Mas Andi. Sepulang dari Depok mampir ke Kopi Joss deket Stasiun Tugu. Pulang sampe “RK” jam 12.30 an diwarnai insiden kecelakaan Mas Andi di jalan KPI (motornya nyungsep ke sungai =O).

Magangers KPI 2011

Wedang Ronde Parangtritis

22 Juli: kerjaan masih sama, malemnya ga maen kemana-mana cuma cari makan di Manisrenggo (Magang UNS + Beben + Mas Chandra + Kriwil). Habis makan, pulang sampe “RK” diwarnai insiden yang bikin mrinding –> diketokin makhluk halus dan sampe sekarang misteri itu masih menjadi tanda tanya dalam benak kami karena ga ada penjelasan mengenai hal itu. abaikan! Sekarang maen UNO.. tau UNO kan? Ya itu lahh.. ada mas Yudi, mas Andi, Diko, Aku, Reres, Kriwil, Beben.. sedangkan si Bagus sama Ucil malah nonton Transformer di laptop Ka Ros. Maen sampe jam 2 dini hari dan posisinya cewek yang masih melek buat maen cuma aku sama Reres. O’ooo.. =O

Gara-gara UNO!!

23 Juli: di KPI ada pelatihan pembuatan bakso + nugget. Makan-makan lagii.. =D . ada pertemuan ada perpisahan. Hari ini perpisahan sama anak-anak magang UGM😦

24 Juli: pulang ke rumah ambil motor.. =D

25 Juli: rollingnya balik ke awal lagi, di peternakan. Kerjaannya masih sama, seputar bebek-lele (ga ke sapi lagi, berat ngangkut tokainya *ga kuat* :p). minggu ini makin fasih dalam urusan pegang memegang ikan lele.. nyortir tanpa perasaan!! =D

26 Juli: siangnya kerja kaya biasa, sore – malem bantu-bantu simbah nyiapin konsumsi buat acara “nyadran” di rumah. Habis selesai acara maen UNO lagi sampe dini hari, masih dengan personel yang sama cuma kehadiran Reres digantikan oleh Ka Ros.

27 Juli: hari ini libur magang duluu, ke Jogja buat bayar SPP (Geng magang UNS + Beben + Kriwil *ni bocah udah selesai magang masih aja demen ngintil kita*). Rute yang ditempuh yaitu Tugu – Yogya ice cream (Jakal) – Pasar Prambanan. Malemnya, aku menggalau sendirian di teras (baca novel =D).

28 Juli: siang kerja kaya biasa, malem maen lagi ramean ke Jogja. Karena hari ini dapet kabar kalo besok (29 Juli – red) film Harry Potter 7.2 perdana diputer, maka kami memutuskan berburu tiket dulu ke XXI sebelum kehabisan tiket. Setelah ngantri panjang, diperoleh lah 6 tiket nonton film Harry Potter 7.2. dari XXI lanjut ke Ngeban (tempat makan yang asoy banget). Di sana ngapain lagi kalo ga maen UNO?? Sama geng UNO pastinya.. =D .jam 11 udah sampai “RK” lagi tapi.

29 Juli: you know what?? NONTON HARRY POTTER men… \(n_n)/ . so speechless.. =O. karena kemaren cuma dapet 6 tiket, jadi yang nonton ya cuma Aku, Reres, Purce, Jin, Oom Bos, Kriwil *ni bocah masih aja ngintil*. Pulang nonton mampir dulu ke Burjo di daerah deket Selokan Mataram. Kesampean juga makan di Burjo.. =D

30 Juli: perpisahan lagi sama anak APTA😦. Siangnya niat sih mau pulang, tapi kemakan rayuan bocah-bocah yang pada ngajakin maen malemnya, akhirnya jadwal pulangku ditunda :p. malem ini kami maen ke Kridhosono (nasi goreng depan SMA 3 Jogja), lanjut ke Wijilan. Meskipun dengan personel seadanya (Aku, Reres, Upin, Ka Ros, Diko, Beben, Kriwil) tapi tak menghalangi kami buat bikin onar di Wijilan dengan maen UNO! Hahaha.. :p

31 Juli: akhirnya pulang, nyuri waktu sahur di rumah.

1 Agustus: hari pertama puasa Ramadhan, kami dibebaskan kerja di mana aja. Sorenya keluar nyari takjil di Boulevard UII, buka puasa di “RK”.

2 Agustus: buka bersama di Laras (Jakal) dengan personel Magang UNS + Beben + Kriwil + Mas Chandra. Dari Laras lanjut ke Mirota Batik yang ada di Jakal. Belanja gituu ceritanya..

3 Agustus: maen lagiii =D. muter-muter nyari jagung bakar tapi ga nemu T_T. akhirnya ke Wijilan dan berakhir ke Alkid. Eh ehh, aku bisa lewat beringin kembaarr!!! \(n_n)/. Unforgettable moment😦

4 Agustus: sedih harus perpisahan T_T. berpisah sama orang-orang KPI, orang “RK”, foto-foto, pokoknya yang sedih-sedih dehh.. namanya juga perpisahan.. yang bikin ga nahan tu kenang-kenangan dari Pak Jati.. huaaaaa, nangiss..

Sama Pak Aris

Bersama Pak Wid🙂

Keluarga Besar Kepurun

Barang Penuh Perjuangan

Kamar Penuh Perjuangan

Kenang-kenangan Pak Jati🙂

Itulah sepenggal kisah magang yang telah mengajarkanku berbagai banyak hal mulai dari kemandirian sampe pengalaman yang tak terlupakan🙂. Masih banyak kejadian-kejadian yang ga bisa diceritakan di sini, karena terlalu banyak memori yang tersimpan di dalamnya. Pokoknya, aku hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait, yang telah memberikan kenangan tersendiri dalam kisah warna-warni kehidupanku. Kalian tetap selalu di hati..🙂

Categories: Rak Cethooo | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on “Sepenggal Kisah Magang di Kepurun

  1. fadhana

    wadeeww,, masiih ingett aja panggilan aq yak…?? :O

  2. fadhana

    iklan lele yak?? ato iklan gurame…??😀😛

  3. fadhana

    belum ikan hiu ya…😀

  4. Mohon izin mb, sy copy salah satu fotonya untuk slider ulasan wisata kaliadem ya.. terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: