LULUS :)

Empat Tahun!! Akhirnya LULUS juga diriku. Bahagia? Tentu! Sedang super -supernya ini, haha..

 

Hmm ya mesipun secara de facto tanggal lulusku adalah 6 Agustus, tapi secara de jure adalah hari ini, 28 September dengan bukti secarik ertas berwarna kuning yang dibubuhi tandatangan dekan plus stempel fakultas. Bangga? Tentu saja, bisa menamatkan masa studi selama empat tahun kok.

 

Tapi sebenarnya, bukan moment bangga ini yang menggelayuti pikiranku. Tapi justru bebannya itu lho. Bukan masalah apa-apa. Memang sih banyak orang yang dengan seenaknya “membeli” gelar akademik demi tujuan tertentu. Sungguh, orang-orang itu sama sekali tidak merasakan betapa nikmatnya mengenyam bangku kuliah. Mereka hanya dengan bangganya memamerkan kepada orang-orang, bahwa mereka mempunyai gelar di belakang nama mereka.

 

Oke-oke, back to the topic, stop dulu ngomongin orangnya :p

 

Bagiku, ketambahan gelar di belakang nama itu adalah amanah. Itu adalah tanggung jawab yang baru selepas dari sini. Gelar itu, merepresentasikan bahwa yang bersangkutan pandai di bidangnya, apapun itu backgroundnya. Apa yang diperoleh selama empat tahun kuliah inilah yang nantinya akan diterapkan di masyarakat.

 

Jadi selama empat tahun kemarin ngapain?

 

Banyak, dan rasanya waktu berjalan sangat cepat. Baru kemarin ospek, kenalan sama temen-temen, belajar, maen, praktikum, ujian, kuis, dan lain-lain. Tapi di luar kegiatan akademik, banyak juga terselip kegiatan organisasi. Huaahh, flashback ini sepertinya akan sangat menyenangkan🙂

 

Empat tahun itu banyak cerita, banyak pengabadian gambar, banyak pengalaman, terjun langsung ke masyarakat, berinteraksi dengan semua kalangan, mulai dari benar-benar petani di lereng gunung, di deket pantai, berurusan dengan birokrasi di kantor dinas, dan lain-lain dan sebagainya (jika kuceritakan tak akan selesai).

 

Intinya jika dibandingkan dengan selembar kertas kuning yang diserahkan oleh pak dekan tadi pagi, pengalaman-pengalaman itu jauh lebih menyenangkan dan membanggakan. Benar-benar tak tergantikan.🙂

Mungkin jika ditanya, “selama kuliah empat tahun dapet apa?” aku akan menjawab “ilmu yang tak tergantikan, karena aku belajar langsung dari masyarakat.”

Categories: opini | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “LULUS :)

  1. suhendrik

    Selamat ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: