Flash Ulang Samsung Galaxy Ace karena Bootloop

Sumber: gsmarena.com

Sumber: gsmarena.com

 

Beberapa waktu yang lalu aku ingin membuat gebrakan yang lain pada Androidku. Tanpa basa-basi, mulai deh aku permak habis-habisan, mulai dari Launcher, tema, dan sebagainya. Karena masih merasa kurang cantik dengan tampilannya, akhirnya aku nyoba ganti font. Biasanya kalau ganti font aku pakai aplikasi Fontomizer yang katanya aplikasi pengganti font khusus Samsung Galaxy. Nah tapi karena agak bosen juga pakai Fontomizer akhirnya aku mencoba Font baru yang aku unduh lewat internet.

Bla bla bla akhirnya proses download selesai. Tak sabar ingin segera mencoba font baru itu, langsung aku instal font tersebut. Ketika mendapat perintah “Reboot now” aku pencet “OK” mulai tuh HP mati, reboot ceritanya. Biasanya kalau reboot kan agak lama ya karena prosesnya banyak, ada acara “Scanning media” di SD card segala, selagi proses reboot itu aku tinggal sebentar.

Begitu balik ke kamar, ambil HP. Ternyata apa yang terjadi? HP ku nggak mau reboot! Di layar cuma berhenti di logo Samsung Galaxy Ace dan nggak mau diapa-apain. Aku coba copot baterai, dipasang lagi, dinyalain lagi, hasilnya tetep sama berulang-ulang. Aku pikir harus di factory reset lewat recovery mode (mencet tombol power + home bersama-sama). Sudah aku coba dan hasilnya sama saja.

Mengurangi rasa panik akibat pingsannya SGA ku, aku mulai browsing dan mencari tahu kasus pada SGA ku ini. Setelah mencari informasi di sana-sini, masuk forum-forum dalam maupun luar negeri akhirnya aku tahu bahwa kasus SGA ku ini adalah bootloop, yaitu suatu kasus dimana proses booting tidak berhasil dan hanya berhenti pada logonya saja. Di situ banyak juga cara mengatasinya, salah satunya dengan cara yang sudah kucoba terlebih dahulu, yaitu dengan factory reset tapi tidak berhasil. Karena cara yang lain tidak mungkin untuk digunakan, akhirnya aku memilih cara pamungkas. FLASH ULANG!

Sebenarnya cukup berat rasanya untuk melakukan Flash ulang ini. Tapi ya apa boleh buat karena tidak ada cara lain. Tadinya ragu-ragu juga mau Flash ulang sendiri apa dibawa ke tukang service karena kalau Flash ulang gagal ya hasilnya MATI TOTAL. ToT

Aku galau pada waktu itu. Akhirnya aku semedi sehari semalam menimbang-nimbang tindakan mana yang akan aku ambil untuk menghidupkan kembali SGA ku yang sedang koma. Ternyata rasa ingin tahuku lebih besar daripada rasa takutku kehilangan HP. Setelah browsing sana-sini dan menimbang-nimbang segala resikonya sekali lagi, akhirnya aku bulatkan tekad untuk nekat Flash Ulang sendiri. Tentunya dengan menanggung segala resikonya.

Langsung saja aku download bahan-bahannya dan aku persiapkan alat vitalnya (USB driver + HP). Aku membaca step dengan cermat, memastikan tidak ada yang kurang. Dengan jantung yang berdebar-debar dan tangan yang mulai berkeringat dingin aku mulai mengeksekusi HP kesayanganku.

Tahapan demi tahapan berjalan selama beberapa menit lamanya sampai akhirnya mucul tulisan “PASS”. Dan yak, BERHASIL!!😀

Dan seolah benar-benar terbangun dari Koma, Galaxy Ace ku yang mendadak jadi “baru” pun menjadi seperti orang yang ilang ingatan. Kehilangan semua program dan contacts nya. Akhirnya aku sadar bahwa tindakan preventif yang jitu adalah dengan rajin memback up apa yang ada di HP agar ketika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, setidaknya ada data yang masih bisa terselamatkan.

Oiya, bagi pengguna Samsung Galaxy Ace yang ingin melakukan Flash Ulang, bisa berkunjung ke link ini. Nggak usah ragu, yang penting baca dengan cermat stepnya, dan pasti berhasil.😀

Categories: aplikasi, Tech | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

